Home » » Oscar Addict Part 1 : BEST ACTOR

Oscar Addict Part 1 : BEST ACTOR

Written By Unknown on Sabtu, 07 Februari 2015 | 08.18


Lima orang aktor berbakat siap bersaing memperoleh piala oscar untuk pertama kalinya tahun ini. Ajang penghargaan Academy Awards ke 87 yang akan digelar tanggal 20 Februari 2015 nanti telah mengumumkan nominasi untuk aktor terbaik.  Mereka adalah Steve Carell, Bradley Cooper, Michael Keaton, Eddie Redmayne, dan Benedict Cumberbatch. Empat orang baru pertama kali masuk bursa oscar, dan satu orang lagi menjadi salah satu aktor yang masuk nominasi oscar tiga kali berturut-turut.

Steve Carell for Foxcatcher
>>> Atas perannya sebagai John du Pont, aktor yang terkenal dengan latar belakang sebagai bintang komedi ini berhasil masuk nominasi untuk pertama kalinya. Dalam film garapan Bennett Miller, Carell berperan sebagai bangsawan dan milyarder John du Pont yang mempunyai sifat dan tabiat penuh misteri. Keinginannya untuk menjadi bagian dari olah raga gulat di negerinya membuatnya menjadi semacam pelatih yang membiayai dan memfasilitasi beberapa atlit gulat negara paman sam yang akan berlaga di ajang kelas dunia seperti olimpiade. Keinginannya tersebut membuatnya mengenal kakak beradik Dave Schultz dan Mark Schultz, dua orang atlit gulat profesional yang tengah menapaki jalan kesuksesan dan ketenaran.
Steve Carell mampu menampilkan karakter yang berbeda seratus delapan puluh derajat dari karakter-karakter kocak dan konyol yang biasanya selalu ia bawakan. Ia mampu tampil serius, dan mengerikan lewat dialog-dialognya yang dingin serta tatapan matanya yang mengintimidasi. Bisa dibilang lewat Foxcatcher inilah aktor yang juga sempat tampil mengejutkan dalam Little Miss Sunshine tersebut membuktikan bahwa ia mampu melakukan transformasi yang maksimal serta totalitas peran yang baik. Steve Carell menjadi orang kelima yang berhasil masuk nominasi oscar setelah diarahkan oleh Bennett Miller dalam filmnya. Sebelumnya Miller telah berhasil membuat almarhum Phillip Seymour Hoffman meraih piala oscar dalam Capote serta membuat Catherine Keener (Capote), Brad Pitt dan Jonah Hill menjadi nominator oscar dalam film Moneyball. Seperti halnya Carell, Jonah Hill yang notabene adalah aktor komedi juga berhasil merubah imagenya menjadi karakter yang serius waktu itu. Jika hidung implan Nicole Kidman berhasil memberikannya piala oscar di tahun 2002, bisakan Steve Carell melakukan hal yang sama lewat hidung implannya ini....?


Bradley Cooper for American Sniper
>>> Nominasi oscar tahun ini terasa istemewa bagi seorang Bradley Cooper. Untuk ketiga kalinya secara beruntun aktor yang melejit berkat The Hangover tersebut kembali masuk nominasi oscar. Tahun lalu lewat American Hustle ia menjadi salah satu nominator di kategori aktor pembantu terbaik. Setahun sebelumnya ia menjadi salah satu nominasi aktor terbaik atas perannya sebagai pria pengidap bipolar dalam Silver Linings Playbook. Tahun ini lewat perannya sebagai seorang penembak rahasia Amerika Serikat yang bertugas di Irak bernama Chris Kyle menjadi satu dari beberapa kejutan di penyelenggaraan piala oscar kali ini. Kalau harus jujur, sebenarnya tidak ada yang istimewa dari peran Cooper tersebut. Peran seorang tentara Amerika yang bertugas di daerah konflik yang kemudian menjadi pahlawan dan dielu-elukan oleh bangsanya sudah banyak difilmkan Terakhir kali Jeremy Renner juga berhasil masuk nominasi aktor terbaik atas perannya sebagai seorang penjinak bom dalam The Hurt Locker. Kisah hidup dan perjalanan Chris Kyle lah yang menjadi alasan utama sosok ini bisa nyelonong di race best actor. Ia merupakan tokoh nyata yang mempunyai perjalanan hidup yang cukup heroik dan inspirasional. Aksinya sebagai seorang sniper jelas berperan besar dalam menyelamatkan jumlah tentara amerika dari angka kematian. Secara tidak langsung, Kyle telah mengurangi jumlah kematian tentara Amerika melalui aksi tembakan jarak jauhnya. Dan yang membuatnya lebih fenomenal lagi adalah kisah kematiannya yang terbilang tragis.
Drama kepahlawanan yang berakhir dengan cukup tragis tersebut berhasil dikemas dengan semangat keamerikaan oleh sineas veteran Clint Eastwood. Dan tidak ada cara lain yang lebih berkelas lagi untuk mengapresiasi kisah hidup Chris Kyle selain memberikan aktor pemerannya salah satu dari jajaran aktor terbaik di tahun 2014 lalu.


Michael Keaton for Birdman
>>> Entah ada maksud tersendiri atau tidak, pemilihan aktor Michael Keaton sebagai tokoh sentral bernama Riggan Thompson dalam Birdman jelas menjadi cerita tersendiri. Michael dan Riggan kebetulan adalah sama-sama aktor yang pernah populer saat memerankan sosok superhero. Mereka berdua sama-sama berjuang untuk kembali meraih reputasi serta kebintangannya yang tengah menurun. Berperan sebagai Riggan, Michael Keaton ibarat mendedikasikan seluruh kemampuan aktingnya dan mempertaruhkan reputasi ketenarannya secara habis-habisan. Ia terlihat menyatu dalam diri seorang Riggan Thompson melalui tingkah, emosi, dan segala dialog beraroma satire-nya. Perjuangan Riggan Thompson sama beratnya dengan upaya Michael Keaton untuk meraih kembali kejayaannya dulu. Pemeran Batman versi Tim Burton ini juga seakan tengah mengalami degredasi karir. Beruntungnya comeback-nya kali ini merupakan pencapaian tertinggi dari karirnya selama ini. Bisa dibilang melalui film garapan dari Alejandro Gonzalez Inarittu inilah Michael Keaton telah membuktikan bahwa ia masih menjadi aktor terbaik kebanggaan hollywood and he is not definitely unexpected virtue of ignorance !


Eddie Redmayne for The Theory of Everything
>>> Eddie Redmayne telah melakukan sesuatu yang signifikan dalam perkembangan karirnya. Lewat perannya sebagai ahli fisika teoritis Stephen Hawking, aktor yang tampil cukup mengesankan dalam remake Les Miserables tersebut melakukan transformasi yang super mengagumkan. Bukan hanya secara fisik tetapi  juga secara mental dan emosional. Jalinan romansanya bersama sang istri (yang juga diperankan dengan impresif oleh Felicity Jones) juga terbilang mulus karena chemistry mereka berdua yang begitu manis. Redmayne jelas punya kelebihan tersendiri dibandingkan dengan keempat kompetitornya yang lain. Karakter handicap-nya yang mana merupakan sosok real person jelas mengingatkan dengan kemenangan Daniel Day Lewis di piala oscar pertama-nya atas perannya sebagai orang lumpuh dalam My Left Foot. Hmm... bisakan Eddie menjadi the young Daniel....? Kebetulan mereka juga sama-sama british


Benedict Cumberbatch for The Imitation Game
>>> Atas perannya sebagai sosok nyata (lagi) pemecah kode enigma di masa perang dunia kedua, Benedict Cumberbatch berhasil meraih nominasi oscar pertama sepanjang karirnya. Entah seperti apa penggambaran ososk Alan Turing yang sebenarnya, Benedict jelas merepresentasikannya dengan cukup bijak. Ia mampu menghadirkan sosok Turing yang cenderung kesepian, penuh misteri namun berintelegent. Dengan dukungan logatnya yang sedikit gagap Cumberbatch jelas berhasil mencuri hati para juri Oscar untuk menyisihkan aktor lain yang sebenarnya mempunyai aksen akting yang sedikit lebih baik dari dirinya seperti Jake Gyllenhaal dalam Nightcrawler ataupun Timothy Spall dalam Mr. Turner misalnya.


Who's gonna win ?
Di atas kertas akting Michael Keaton jelas yang paling mengesankan. Bukan cuma merepresentasikan perjalanan kariernya sendiri. Ekspresi Kegilaan dan rasa frustasi seorang aktor yang tengah mempertaruhkan karirnya tersebut berhasil membuat penonton bersimpati terhadapnya. Selain itu Keaton juga seharusnya bisa lebih percaya diri karena ia lah satu-satunya dari keempat nominator oscar yang tidak memerankan sosok nyata. Meskipun ini juga bukanlah menjadi nilai lebih baginya mengingat hampir sebagian besar oscar winner merupakan karakter nyata. Melihat keempat nominatornya yang tidak terlalu kuat. Nominasi yang didapat Benedict dan Bradley jelas lebih sebagai upaya apresiasi dunia terhadap dua tokoh yang punya andil dan sumbangsih besar dalam hal kedamaian dunia terutama perang. Jika transformasi Steve Carell berujung pada sesuatu yang tidak membuat nyaman, maka transformasi Eddie Redmayne berubah menjadi suatu karakter yang menghangatkan sekaligus fenomenal. Lewat perannya sebagai tokoh dunia penulis buku populer A Brief History of Time, Eddie Redmayne saya prediksikan akan sukses meraih piala oscar di kategori best actor nanti.

My Best Actor Pick
1. Michael Keaton
2. Eddie Redmayne
3. Steve Carell
4. Bradley Cooper
5. Benedict Cumberbatch

Prediksi : EDDIE REDMAYNE for The Theory of Everything
Share this article :

0 komentar :

Postingan Populer

Random Post

 
Support : partner1 | partner2 | partner3
Copyright © 2013. MOVIE WORLD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger