Home » » Oscar Addict Part 2 : BEST ORIGINAL SCREENPLAY

Oscar Addict Part 2 : BEST ORIGINAL SCREENPLAY

Written By Unknown on Senin, 09 Februari 2015 | 09.17


Tahun lalu naskah cantik film Her berhasil melaju sebagai pemenang di kategori ini. Dalam film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix dan Scarlett Johansson tersebut, Spike Jonze sang sutradara sekaligus penulis naskah film ini menyajikan jalinan interaksi yang tidak lazim antara seorang pria dengan sebuah sistem operasi komputer yang berupa suara seorang wanita. Komunikasi dan interaksi aneh yang mereka bangun malahan membuahkan sesuatu yang sangat intim dan seksi. Her adalah salah satu film paling romantis yang menawarkan jalinan keromantisan yang sangat berbeda.
Tahun ini ada lima buah film dengan naskah paling original yang berhasil masuk untuk nominasi best original screenplay.

Richard Linklater for Boyhood
Ini adalah nominasi ke-3 Linklater untuk kategori penulisan naskah. Sebelumnya naskahBefore Sunset dan Before Midnight yang tulis bersama Ethan Hawke dan Julie Delpy berhasil masuk nominasi naskah adaptasi terbaik. Kali ini, naskahnya mengenai perkembangan fisik dan kepribadian seorang bocah sejak ia berumur sekitar 5 tahun sampai dengan sekitar 17 tahun yang sederhana berhasil ia kembangkan dan jabarkan menjadi karya yang fenomenal dan spektakuler.


Alejandro Gonzalez Inarittu, Nicolas Giacobone, Alexander Dinelaris, Armando Bo for Birdman
Naskah yang pintar dan brilian mengenai seorang aktor yang tengah berjuang untuk meraih kembali kejayaannya di masa lalu yang kini tengah memudar lewat jalur broadway menjadi faktor utama yang membuat Birdman menjadi begitu precious. Nakah yang cerdas tersebut terbantu dengan dialog-dialog penuh nafsu renungan dan metafora-metafora yang bergaya satire. Jika ada sebuah film dark comedy yang wajib anda saksikan, Birdman adalah salah satunya.


Dan Futterman, E Max Frye for Foxcatcher
Kisah pembunuhan atlit gulat peraih medali emas olimpiade diceritakan dengan cukup mencekam melalui suasana yang serba membuat tidak nyaman. Kengerian-kengerian yang dibangun sebagai wujud dari tulisan Dan Futterman dan E Max Frye yang berceloteh dengan sangat intens dan fasih.





Wes Anderson, Hugo Guinness for The Grand Budapest Hotel
Film kocak dan stylist yang dikemas melalui cara penyajian yan unik dan dipenuhi oleh karakter-karakter yang nyentrik menawarkan naskah yang nggak kalah cerdik tentang seorang pemilik sebuah hotel yang dihadapkan pada sebuah kasus pembunuhan yang terjadi di hotelnya. Segala sesuatu dalam film ini akan membuat anda tertawa senang tanpa harus merasa dibodohi oleh plotnya. Dan nama Wes Anderson adalah orang yang paling bertanggung jawab dalam kisah komedi cerdas yang memenangkan Golden Globe untuk best musical/comedy film



Dan Gilroy for Nightcrawler
Dan Gilroy berhasil menuturkan kisah seorang perekam video amatir mengenai hal-hal seputar kriminalitas yang terjadi di malam hari dengan begitu menohok dan mengintimadasi terutama lewat tokoh 'semi evil' Louis Bloom yang dibawakan dengan sangat atraktif melalui kelicikan dan keculasannya oleh Jake Gyllenhaal di sepanjang film.





Who's gonna win ?
Cukup sulit memprediksi pemenang di kategori ini. Kelimanya mempunyai atmosfer kekuatan tersendiri. Jika Boyhood seakan sudah terkunci untuk meraih best picture, serta naskah Foxcatcher dan Nightcrawler yang sedikit beraroma thriller, serta Grand Budapest Hotel yang sepertinya sangat menyenangkan terutama bagi kalangan tertentu, maka sepertinya naskah satire film yang sedikit menyinggung dunia perfilman dalam Birdman lebih bisa diterima secara aklamasi dan universal. Mungkin ini adalah untuk pertama kalinya sineas asal Meksiko akhirnya membawa piala oscar di kategori ini untuk pertama kalinya.

My Best Original Screenplay Pick :
1. Birdman
2. Nightcrawler
3. The Grand Budapest Hotel
4. Boyhood
5. Foxcatcher

Prediksi: BIRDMAN by Alejandro Gonzalez Inarittu, Nicolas Giacobone, Alexander Dinelaris, Armando Bo

Share this article :

0 komentar :

Postingan Populer

Random Post

 
Support : partner1 | partner2 | partner3
Copyright © 2013. MOVIE WORLD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger