Home » » NOW YOU SEE ME : Seru-Seruan Bermain Sulap

NOW YOU SEE ME : Seru-Seruan Bermain Sulap

Written By Unknown on Kamis, 16 Oktober 2014 | 18.21

Empat orang pesulap diundang kesebuah tempat rahasia oleh seseorang yang misterius. Keempat orang itu adalah seorang Ilusionis Daniel Atlas (Jesse Eisenberg), seorang mentalis Merritt McKinney (Woody Harrelson), dan pesulap Jack Wilder (Dave Franco) serta Henley Reeves (Isla Fisher). Tanpa mengetahui alasan serta maksud undangan tersebut mereka kemudian direkrut oleh sosok misterius itu untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam dunia sulap. Setahun kemudian, lewat dukungan miliarder bernama Arthur Tressel (Michael Caine), keempat pesulap tersebut mendadak menjadi bintang di sebuah tayangan televisi.
Melalui sebuah program live mereka mempertontonkan kemampuan serta trik sulap yang mustahil namun menghibur ribuan penonton yang hadir. Pada suatu acara, keempat pesulap yang bergelar The Four Horseman, melakukan sebuah aksi merampok bank di Perancis. Uniknya The Four Horseman melakukan trik tersebut dari sebuah acara live yang disiarkan dari Las Vegas serta membagi-bagikan uang hasil 'rampasannya' tersebut kepada penonton mereka. Kontan saja aksi mereka itu membuat pihak kepolisian setempat geram khusunya bagi seorang agen federal Dylan Rhodes (Mark Ruffalo). Rhodes yang dibantu oleh seorang interpol cantik nan misterius, Alma Dray (Melanie Laurent) melacak dan menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan aksi The Four Horseman. Penyelidikan Rhodes dan Alma membuatnya bertemu dengan Thaddeus Bradley (Morgan Freeman), seorang lelaki misterius yang mendedikasikan hidupnya untuk memecahkan misteri-misteri sulap yang dipertontonkan oleh The Four Horseman. Ibarat dua mata koin, Bradley adalah sisi kebalikan dari kecerdikan dan muslihat keempat ilusionis tersebut. Bradley yang berteori bahwa ada pesulap kelima yang mengatur segala trik The Four Horseman terlibat semakin jauh mengikuti sepak terjang mereka. Bersama kedua orang agen FBI , Bradley seakan berlomba dengan para ilusionist untuk menunjukkan siapa yang lebih pintar dalam melakukan trik.

Belum apa-apa jajaran cast Now You See Me sudah menarik untuk disimak. Keempat ilusionis juga sangat mudahnya menjadi karakter yang disayangi oleh audience mereka dan penonton film pada umumnya. Dengan porsi yang pas, Eisenberg, Harrelson, Fisher, dan Franco bahu membahu melengkapi setiap scene dengan baik. Mereka adalah icon dan magis yang paling kuat dari Film yang digarap oleh Louis Leterrier. Sutradara yang membidani Clash of The Titans dan The Incredible Hulk itu memang sukses membuat penonton takjub dengan trik magic yang dilakukan oleh The Four Horseman. Sebagai sebuah film, Now You See Me bisa dibilang memberikan fasilitas hiburan dalam tingkat yang wajar. Ditambah dukungan teknis yang memadai khususnya dari bagian visual effectnya, Now You See Me bisa dikatakan sebagai film tentang dunia sulap yang paling mutakhir dibuat saat ini.

Kendatipun scriptnya sudah cukup baik, namun secara keseluruhan masih tetap saja ada kekurangan yang membuat film ini seperti enggan untuk disebut sempurna. Sebagai sebuah film kriminal berbasis thriller film ini jelas tidak sepintar The Usual Suspects misalnya. Unsur ketegangnnya kurang dimaksimalkan dengan baik. Character buildingnya juga sepertinya dilupakan begitu saja. The Four Horseman memang sudah cukup memikat secara visual. Keempat aktornya juga dirasa paling pas dengan karakternya masing-masing. Tidak ada yang merasa kecewa saat melihat Daniel melakukan tipuan kartu terhadap Thaddeus, Jack Wilder yang berkejaran dengan Dylan Rhodes (mungkin ini adalah scene yang cukup nendang dari keseluruhan filmnya), ataupun saat Henley melakukan trik sulapnya di adegan pembuka film. Begitu pula dengan Merritt saat menghipnotis sepasang suami istri (juga) di awal film. Adegan Merrit tersebut mengingatkan dengan adegan yang kerap dilakukan oleh Dedy Corbuzier ataupun Damian di acara-acara televisi lokal. Sayangnya mereka seperti terlihat sedang asyik bermain-main saja, menghibur penonton, tanpa memberikan aksen yang kuat terhadap tiap karakter yang ia mainkan. Hal yang sedikit berbeda malah ditampilkan oleh Mark Ruffalo. Aktor pemeran Bruce Banner dalam The Avengers itu memang tampak berhasil menghidupkan sosok detektif yang pantas untuk dikasihani. Mungkin tokoh inilah yang paling merasakan imbas yang mengesalkan dengan sepak terjang The Four Horseman. Begitu pula dengan Melanie Laurent. Aktris yang terkenal setelah bergabung dengan Quentin Tarantino dalam Inglourious Bastards itu bisa dikatakan sebagai pemanis yang efektif. Chemistrynya dengan Rhodes bisa dibilang yang paling santai namun tidak mengecewakan. Juga aktor veteran Michael Caine dan Morgan Freeman yang masih terlihat berwibawa memainkan karakter yang mereka pikul. Adegan terakhir mungkin membuktikan bahwa Morgan Freeman adalah salah satu aktor yang kemampuan aktingnya masih mumpuni hingga kini.

Now You See Me adalah film yang sangat menarik dalam mempertontonkan trik magic kepada penonton. Membandingkannya dengan The Illusionist-nya Edward Norton jelas tidak absah. Apalagi jika dibandingkan dengan The Prestige-nya Christopher Nolan. Selain setting-nya yang berbeda, pendekatan filmnya sendiri juga cukup jauh. Jika The Prestige dan The Illusionist lebih mengutamakan sajian dramanya yang kuat, maka Now You See Me lebih mengutamakan unsur fun serta suasana yang santai dengan balutan efek yang canggih serta musik yang menggelegar pimpinan Brian Tyler. Jika Twist dalam The Prestige lebih mengena, maka tidak demikian dengan film yang naskahnya ditulis oleh Boaz Yakin itu. Karena scene-scene yang dibangun dari awal kurang greget, maka twist yang muncul juga tidak terlalu mencengangkan. Bahkan pertanyaan tentang siapa pesulap kelima, sudah bisa ditebak dari awal jika sedikit aware dengan detil dan pemilihan castnya. Semoga saja sekuelnya nanti, Now You See Me 2 yang rencananya dirilis tahun 2016 dengan tambahan Daniel Radcliffe di jajaran castnya sanggup menghadirkan drama dan suspense yang intens serta tensi ketegangan yang tersusun dengan apik
.

Verdict
Naskah : 7/10
Akting : 7/10
Teknis : 7/10
Ending : 6/10
Keseluruhan : 7/10
Share this article :

0 komentar :

Postingan Populer

Random Post

 
Support : partner1 | partner2 | partner3
Copyright © 2013. MOVIE WORLD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger