Home » » Oscar Addict Part 5 : BEST ACTRESS

Oscar Addict Part 5 : BEST ACTRESS

Written By Unknown on Kamis, 12 Februari 2015 | 08.31













Dua orang aktris sebelumnya pernah meraih piala oscar, Dua orang lagi merupakan debutan pertama kali masuk sebagai nominasi oscar di kategori akting, dan seorang lagi merupakan aktris senior yang sudah berulang kali dinominasikan namun belum pernah menang. Dan inilah daftar kelima nominator aktris terbaik tahun ini versi Academy Awards

Felicity Jones for The Theory of Everything
Atas peranya sebagai Jane Hawking, istri pertama dari fisikawan Stephen Hawking, Felicity Jones berhasil masuk nominasi oscar untuk pertama kalinya. Sebagai seorang istri yang mencintai suaminya dengan sepenuh hati dalam kondisi dan keadaan apapun, Jones mampu menampilkan akting paling naturalnya yang membuat simpatik. Tatapan matanya yang jujur serta chemistrynya yang solid bersama Eddie Redmayne adalah nyawa utama dari The Theory of Everything. Meskipun pada akhirnya nasib berpendapat lain, namun penonton akan selalu ingat betapa indah dan sejatinya jalinan romantisme antara mereka berdua. Dan nama Jane Hawking tidak bisa dilupakan begitu saja dalam perjalanan hidup seorang Stephen Hawking. Bisakan Jones mengikuti jejak Marcia Gay Harden dalam Pollock ataupun Jennifer Connely dalam A Beautiful Mind yang meraih piala oscar atas perannya sebagai seorang istri yang mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan suaminya yang merupakan tokoh dunia ?

Marion Cotillard for Two Days One Night
Untuk kedua kalinya, aktris asal Perancis ini kembali masuk nominasi best actress. Berperan sebagai Sandra Bya, Marion Cotillard menghadirkan seorang wanita yang karir pekerjaannya tengan berada di ujung tanduk. Ia harus mendatangi keenam belas rekan kerjanya untuk mempertahankannya bekerja dan membuat mereka tidak menerima bonus yang dijanjikan oleh perusahaannya. Seperti halnya Julia Roberts dalam Erin Brockovich, karakter Sandra di sini terlihat kuat sekali. Karakternya begitu lengket dalam keseluruhan isi Two Days One Night. Ia adalah seorang wanita yang tanpa putus asa selalu berupaya meraih sesuatu yang bisa ia perjuangkan. Ekspresi aktris yang pernah meraih piala oscar dalam La Vie En Rose tersebut adalah magnet utama yang membuat film ini mendapat skor cukup tinggi dari metacritic misalnya. Ia mampu bersedih, mengangis, tegar, kuat, dan frustasi dalam waktu yang bersamaan. Dan hanya seorang Marion Cotillard lah yang mampu menampilkannya secara manusiawi dan berkelas.

Rosamund Pike for Gone Girl
Aktris yang terkenal berkat perannya sebagai bond girl villain dalam Die Another Day ini, untuk pertama kali dalam karir keaktrisannya, berhasil menjadi salah satu kontender peraih piala oscar Dalam Gone Girl, Rosamund Pike berperan sebagai Amy Dunne, seorang istri jelita dengan kepribadian yang penuh teka teki. Pada suatu hari, Amy dikabarkan hilang secara misterius dari rumahnya. Kehilangan yang secara mendadak dan mencurigakan tersebut ternyata berbuntut pada sebuah twist dan cerita yang tidak diduga-duga dengan Amy sebagai 'otak' di balik chaos tersebut. Lewat arahan David Fincher sang sutradara, kecantikan dan kemisteriusan Amy berhasil ditampilkan dengan gemilang oleh Rosamund Pike. Wajah, ekspresi, senyuman, dan bahkan gelagat Pike adalah sesuatu yang akan menjadi jaminan bahwa Gone Girl wajib Anda tonton bukan karena sebatas twistnya saja yang smart. Akting Rosamund Pike juga membuat Gone Girl menjadi tontonan paling elegan di tahun 2014 lalu. Untuk kedua kalinya Fincher mampu menempatkan karakter seorang wanita kuat ke dalam salah satu nominasi best aktris. Sebelumnya Rooney Mara yang memerankan hacker wanita dalam The Girl With Dragon Tattoo juga berhasil tampil sebagai unggulan oscar. Sebagai satu-satunya nominasi yang diperoleh oleh Gone Girl, aktris yang juga pernah ikut bermain dalam Wrath of The Titans tersebut berhasil mewakilinya dengan sangat brilian

Julianne Moore for Still Alice
Nama Julianne Moore sudah tidak asing lagi di ajang Oscar. Ia telah menjadi nominator sebagai aktris terbaik sebelumnya dalam Far From Heaven dan The End of The Affair, dan juga dua kali menjadi nominasi untuk aktris pembantu terbaik dalam The Hours dan Boogie Nights. Ia juga salah satu aktris dalam sejarah Oscar yang dinominasikan secara berbeda di kategori akting di tahun yang sama. Aktris yang di tahun 2014 lalu memenangkan gelar aktris terbaik dari ajang Cannes ini juga sudah memerankan berbagai macam karakter dengan baik. Untuk penyelenggaraan Oscar kali ini, Moore menjadi calon kuat yang akan menang lewat film Still Alice. Dalam  film tersebut Julianne Moore menjadi seorang wanita yang dideteksi menderita penyakit alzhemir di usia dini. Totalitas Moore cukup terlihat dalam peran tersebut melalui karakter seorang Alice Howland. Ia sanggup menggambarkan sosok wanita yang benar-benar tidak punya ingatan melalui sorot matanya yang sendu dan memprihatinkan.

Reese Witherspoon for Wild
Keraguan yang sebelumnya muncul atas pemilihan Reese Witherspoon untuk memerankan Cheryl Strayed dalam Wild akhirnya pupus. Tanpa disangka, mantan America's Sweethearts ini ternyata bisa dibilang berhasil menghidupkan tokoh seorang wanita yang melakukan perjalanan jauh lebih dari 1000 mil yang tengah berusaha untuk berjibaku dengan pengalaman-pengalaman pahit di masa lalu. Konflik dan masalah-masalah yang dimiliki oleh Cheryl di masa lalu menjadi bagian penting dari perjalanan yang dilakukan selama lebih dari 3 bulan. Pergolakan batin yang tengah dialami Cheryl sukses diterjemahkan secara harmonis oleh Witherspoon. Lewat perannya ini, Reese Witherspoon berhasil masuk sebagai nominator best aktris untuk kedua kalinya dimana sebelumnya ia pernah memenangkan gelar best aktris lewat peran sebagai June Carter dalam Walk The Line.

Who's gonna win ?
Felicity Jones dan Reese Witherspoon adalah aktris yang dianggap berhasil menghidupkan karakter 'kesayangan oscar' Jane Hawking dan Cheryl Strayed. Mereka berdua adalah tokoh nyata yang kisah hidupnya begitu mengesankan dan memberikan banyak inspirasi kepada banyak orang. Sedikit flashback terhadap kemenangan Witherspoon di ajang oscar. Ketika itu, Witherspoon berhasil memenangkan piala oscar setelah mengungguli akting Felicity Huffman dalam Transamerica. Dan tahun ini, nama Julianne Moore menjadi calon terkuat untuk memenangkan gelar best aktris. Bisakah tahun ini kedua sosok nyata tersebut (Witherspoon dan Jones) melakukan hal yang sama....? Ataukah akting melankolis Marion Cotillard dan kemisteriusan Rosamund Pike yang akan membuat kejutan...? Melihat trend dan statistik yang ada, sepertinya Julianne Moore masih terlalu tangguh untuk ditumbangkan. Selain itu, mungkin inilah waktunya bagi oscar untuk menghadiahi Moore dengan sebuah piala meskipun seharusnya ia sudah menang dari salah satu ketiga nominasi yang ia peroleh sebelumnya.

My Best Actress Pick
1. Marion Cotillard
2. Felicity Jones
3. Rosamund Pike
4. Reese Witherspoon
5. Julianne Moore

Prediksi : JULIANNE MOORE for Still Alice
Share this article :

0 komentar :

Postingan Populer

Random Post

 
Support : partner1 | partner2 | partner3
Copyright © 2013. MOVIE WORLD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger