Home » » STARRED UP : Like Father, Like Son

STARRED UP : Like Father, Like Son

Written By Unknown on Rabu, 10 September 2014 | 06.22


Film dengan setting di penjara selalu menarik untuk disimak. Serial TV Prison Break menghadirkan drama dengan beragam twist adegan yang cukup berhasil menarik jutaan penonton. Serial The Walking Dead pun mempunyai salah satu musim yang kesemuanya bersetting di dalam penjara. Dari dunia film layar lebar, sepertinya The Shawshank Redemption adalah film drama terbaik hingga saat ini dengan penjara sebagai background kisahnya. Masih diangkat dari novelnya Stephen King, lagi-lagi The Green Mile menawarkan cerita yang cukup tragis sekligus dramatis lewat karakter yang diperankan oleh Michael Clarke Duncan.

Kali ini muncul satu kisah yang juga berlokasi di dalam penjara dari daratan negeri Ratu Elizabeth. Berjudul Starred Up, film ini mengusung tema yang sedikit lebih manly. Berkisah tentang seorang remaja berusia 19 tahun yang bernama Eric Love (Jack O'Connell). Eric yang gemar berbuat onar dan kekacauan serta bertemperamen tinggi harus ditransfer ke penjara khusus orang dewasa. Di tempat yang baru tersebut awalnya Eric masih menjadi pribadi yang pendiam dan tidak banyak tingkah. Hampir sekitar 20 menit pertama film menyoroti kesendirian Eric yang tengah beradaptasi di lingkungan baru tersebut. Tidak ada tanda-tanda kalo Eric ini adalah seorang kriminalis yang pantas dipenjara. Eric malah terlihat sepeti a-nice-guy yang mungkin menjadi korban salah tangkap seperti Andy Dusfrene. Sampai pada suatu kejadian dimana Eric hendak meminjam sebuah korek api kepada tetangga depan selnya. Tetapi sang tetangga tidak mau meminjamkan korek api tersebut. Saat sang tetangga bertandang ke sel Eric, medadak secara membabi buta Eric menghajar tahanan tersebut tanpa ampun hingga meninggalkan bekas luka yang cukup parah di kepala orang tersebut. Dari kejadian tersebut membuat Eric harus berurusan dengan para officer penjara yang menghendaki Eric mendapat hukuman yang lebih berat. Namun rencana para officer untuk menahan Eric lebih berat lagi mendapat perlawanan dari Olliver Baumer (Rupert Friend). Oliver menghendaki agar Eric mendapatkan bimbingan dan terapi untuk mengendalikan emosinya yang kerap meledak-ledak itu. Rencana Oliver juga mendapat dukungan Neville Love (Ben Mendelsohn) seorang tahanan senior di penjara tersebut yang juga merupakan ayah Eric Love. Neville menghendaki agar Eric mampu menjaga sifat temperamennya dan bisa segera dikeluarkan dari penjara.

Starred Up adalah film indie berbudget minim yang digarap dengan cerita yang kuat. Naskah film ini ditulis oleh Jonathan Asser yang merupakan debut penulisan naskah pertamanya. Meskipun ini adalah naskah pertama Asser, film ini telah memenangkan sejumlah penghargaan di Inggris, diantaranya aktor pendukung terbaik untuk Ben Mendelsohn dari British Indipendent Film Awards, aktor terbaik untuk Jack O'Connell dari Dublin International Film Festival, serta Best British Newcomer untuk Jonathan Asser dari London Film Festival. Keunggulan Starred Up memang terletak pada karakter dan naskah ceritanya yang solid. Film ini berhasil menggali secara dalam karakter dari seorang Eric Love. Tabiatnya sebagai seorang remaja yang kerap berbuat kekacauan dan biang onar terefleksikan dengan jelas selama lebih dari 100 menit. Pertemuannya dengan ayahnya yang menginginkan perubahan pada sifat Eric juga berhasill dijabarkan dengan sangat hangat. Pepatah yang mengatakan buah jatuh tidak jauh dari pohonnya memang benar adanya. Dari mana Eric mewarisi sifat keras dan anarkisnya kalau bukan dari ayahnya Neville. Menarik sekali melihat ayah-anak ini saling adu argumen dan berkelahi layaknya anak kecil. Drama seorang ayah yang hendak merubaha sifat pada anaknya yang tak lain adalah juga sifat utama dari ayah tersebut itulah yang hendak disampaikan oleh film yang disutradari oleh David MacKenzie. Sineas yang pernah membesut film semi-erotic Spread ini sukses menyuguhkan drama di dalam penjara secara keras, kotor, penuh umpatan, namun juga mengundang simpatik. Dan puncaknya, bagian akhir film ini adalah penutup paling brilliant setelah rangkaian yang melelahkan sekaligus emosional di sepanjang film.

Aktor muda pendatang baru Jack O'Connell yang di akhir tahun 2014 ini akan ikut bergabung dalam filmnya Angelina Jolie Unbroken, bisa dikatakan yang paling cemerlang aktingnya. Diawali dengan karakternya yang mengundang pertanyaan di awal-awal film, Eric berubah drastis dari seorang baby face menjadi remaja yang menakutkan, bertemperamen tinggi, labil, dan agresif. Ibarat seekor ayam jantan, Eric adalah seekor ayam jantan aduan yang tidak pernah gentar dengan lawannya. Siapa pun yang menghalanginya akan dihajarnya habis-habisan. Lihat saja adegan bathing-fightnya di kamar mandi yang mengingatkan pada adegan fightnya Viggo Mortensen di film Eastern Promises.

Starred Up mungkin bukan film yang bisa dinikmati semua kalangan. Sebagai film indie, alur dan tempo film ini memang terkesan lambat dan melelahkan. Pace nya juga nggak sethrilling Winter's Bone misalnya. Unsur violence lumayan tinggi. Namun jika dinikmati dengan seksama film ini mencoba mengetengahkan permasalah dengan abstrak namun coba memecahkannya dengan real. Latar belakang keluarga Love memang tidak dijelaskan secara jauh. Bahkan apa alasan utama yang membuat Eric masuk penjara ingin menemui ayahnya itu juga masih bias dan tidak diceritakan labih dalam. Film ini hanya ingin menunjukkan interaksi drama ayah dan anak laki-lakinya secara menyentuh tanpa harus kehilangan kemaskulinitasannya. Bahkan bagi seorang narapidana dengan hati yang keras pun, ternyata masih ada sisi melodramatisnya.
Ne
ville Love : Proud to be your dad !

Judge
NAskah : 8/10
Acting : 8/10
Teknis : 5/10
Ending : 8.5/10
Keseluruhan : 8/10
Share this article :

0 komentar :

Postingan Populer

Random Post

 
Support : partner1 | partner2 | partner3
Copyright © 2013. MOVIE WORLD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger