Home » » Most Favorite Comic Superhero So Far

Most Favorite Comic Superhero So Far

Written By Unknown on Senin, 10 November 2014 | 04.09

Film tentang superhero sedang mengalami grafik pertumbuhan yang signifikan dalam dua decade terakhir. Tiap tahun selalu ada film superhero yang diproduksi Hollywood. Marvel dan DC Comics yang merajainya seakan berlomba dalam memindahkan dunia mereka ke layar lebar. Kendatipun masih harus diakui kalau Marvel Universe lebih sukses secara komersil dari pada DC Universe saat disajikan dalam sebuah tontonan bernama film. Sudah banyak sekali para pahlawan komik bermigrasi ke layar lebar. Di tahun 2014 ini saja tercatat ada 4 superhero milik Marvel yang dirilis. Tiga judul film merupakan sebuah sekuel dan satu judul merupakan pemain baru di dunia perfilman. Guardians of Galaxy yang paling terakhir dirilis tahun ini malahan bisa dibilang yang paling sukses sekaligus mendapat nilai yang lebih baik dari para kritikus ketimbang film kedua The Amazing Spiderman versi Andrew Garfield, Captain America The Winter Soldier, maupun Days of Future Past yang merupakan sekuel pertama dari prekuel X-Men First Class.
Dunia Superhero seakan-akan memang melakukan ekspansi besar-besaran ke layar bioskop. Sudah cukup banyak pula yang sedang mengantri untuk segera diproduksi maupun dirilis dalam tahun-tahun mendatang. Dimulai dengan The Avengers : Age of Ultron, Marvel terlihat paling sumringah dengan proyek jagoan-jagoannya. Remake Fantastic Four yang rencananya akan dibintangi oleh Michael B Jordan dan Miles Teller, Sekuel kedua dari X-Men masa kini yang akan diberi tajuk Apocalypse, Captain America 3 yang rencananya akan diberi tajuk Civil War, serta Ant-Man yang tengah memasuki tahap produksi adalah beberapa contoh amunisi Marvel yang siap memuaskan para penonton. Sementara dari DC juga tidak mau kalah. Meskipun langkahnya tertatih-tatih, DC siap mencoba peruntungannya dengan melepas Batman v Superman : Dawn of Justice di tahun 2016 yang merupakan sekuel dari Man of Steel. Anehnya walaupun menyatakan sebuah sekuel, Batman v Superman malah terlihat seperti pemanasan bagi Justice League of America dengan melihat deretan cast serta karakter yang akan muncul dalam film yang masih disutradarai oleh Zack Snyder tersebut. Entah apapun itu, yang jelas setelah Batman v Superman dirilis, beberapa tokoh di dalamnya seperti The Flash, Aquaman, maupun Wonder Woman akan dibuatkan filmnya sendiri. Belum lagi proyek-proyek lain seperti Doctor Strange maupun Suicide Squad. Ahh….siap-siap saja dengan serbuan maut para tokoh komik dalam beberapa tahun ke depan.
Dari beberapa film superhero yang sudah diproduksi, inilah 10 Film Superhero terbaik saya yang sudah ditonton

10. Hellboy II : The Golden Army (2008)
>>> Ketika seorang Guillermo Del Toro menggarap dunia superhero, maka sebuah kisah nyentrik pahlawan super muncul lewat sosok Hellboy di tahun 2004. Hellboy adalah bocah yang keluar dari neraka untuk membela umat manusia di bumi. Bergabung bersama orang-orang dengan kemampuan unik dan super lainnya, Hellboy bahu membahu menghalau makhluk-makhluk mistis nyleneh yang berniat merusak ketentraman manusia. Empat tahun berselang, sekuelnya yang diberi tambahan judul The Golden Army dibuat. Dan hasilnya, selain naskahnya lebih dewasa –isu rasisme di kalangn Hellboy dan rekan-rekannya digali lebih dalam-, cinematography dan efek visual yang makin keren, ending film kedua yang dibintangi oleh Ron Perlman ini juga lebih dramatis yang membuat film ketiganya lebih patut untuk dinantikan. Yang jadi pertanyaan adalah akankan film ketiganya ini dibuat ?
Rate : 7.5/10
9. X-Men : The Last Stand (2006)
>>> Banyak yang bilang, The Last Stand adalah film X-Men yang paling buruk sekaligus mengecewakan. Namun buat saya, Brett Ratner telah melakukan suatu hal yang tidak berani dilakukan oleh sutradara lain. Dunia X-Men ia acak-acak dengan membuat keputusan-keputusan yang cukup mengejutkan sekaligus membuat kesal para X-Men mania. Kendati demikian X-Men The Last Stand adalah kesenangan dengan level yang cukup memuaskan dan tensi action yang tinggi. Adegan pertarungan Magneto Cs Vs Prof X Cs, adegan golden gate yang mencengangkan itu, sampai adegan klimaks saat Logan berhadapan dengan Dark Phoenix yang tengah mengamuk adalah sajian penuh adrenalin berlevel tinggi.
Rate : 7.5/10
8. The Avengers (2012)
>>> Iron Man, Hulk, Captain America, dan Thor bisa jadi kurang memuaskan di filmnya masing-masing. Namun saat mereka bergabung bersama Hawkeye dan Black Widow dalam The Avengers di bawah komando Nick Fury dan SHIELD, maka yang akan Anda dapatkan adalah hiburan renyah yang tidak akan bosan untuk di replay beberapa kali. Para pahlawan super yang sudah punya fan base dan dunianya sendiri itu saling bekerja sama menyelamatkan bumi dari tingkah Loki yang berbuat onar. Kekurangan dari The Avengers mungkin adalah sosok vilainnya yang kurang tangguh, namun Joss Whedon siap membayarnya dalam Age of Ultron nanti dengan beberapa tokoh penjahat dengan kemampuan yang bisa menandingi para Avengers. Quicksilver, Scarlett Witch, sampai Ultron dipastikan akan membuat para Avengers akan kalang kabut menghadapinya.
Rate : 8/10
7. The Incredibles (2004)
>>> Di tangan PIXAR, cerita tentang keluarga superhero ini menjadi tontonan yang tidak hanya menghibur tetapi juga mempunyai kualitas yang baik. Cerita yang kuat, dialog-dialog yang lucu, efek yang yahud khususnya jika melihat ini adalah film animasi, belum lagi dukungan musical departemen yang membahana dari Michael Giachomo membuat The Incredibles adalah salah satu tontonan paling elit berlatar belakang superhero. Dibandingkan dengan Fantastic Four yang juga punya kelebihan yang mirip dengan anggota keluarganya Bob Parr ini, The Incredibles is definitely millions entertaining.
Rate : 8/10
6. Batman Returns (1992)
>>> Jauh sebelum Chris Nolan menggebrak dunia lewat The Dark Knight triloginya, Tim Burton dan Michael Keaton sudah pernah memvisualisasikan pahlawan malam berlogo kelelawar dengan cukup baik. Setelah sukses dengan Batman di tahun 1989, Keaton dan Burton kembali menghadirkan sesuatu dengan nuansa gothic yang kental dan melegenda dalam Batman Returns. Dalam film ini juga, penonton dipastikan terpana dengan penampilan Danny DeVito yang disulap dengan cukup menyeramkan menjadi penjahat The Penguin. Tidak hanya itu, Film ini juga mempelopori karakter-karakter femme fatale melalui tokoh Seline Kyle a.k.a Catwoman yang diperankan dengan cantik oleh Michelle Pfieffer. Batman Returns adalah salah satu film paling popular dan fenomenal kala itu dengan segala pernak-pernik khas Tim Burton. Dan untuk kedua kalinya Michael Keaton tidak mengecewakan sebagai Bruce Wayne di balik topeng.
Rate : 8/10
5. Man of Steel (2013)
>>> Setelah Superman Returns yang sedikit mengecewakan di kalangan tertentu, Pahlawan dari Planet Krypton akhirnya bisa kembali meraih kejayaannya dalam Man of Steel. Di tangan Zack Snyder, film Superman ke-5 ini adalah produk lengkap yang memberikan fun factor serta excitement yang besar. Henry Cavill yang berperan sebagai Sang Man of Steel juga tidak mengecewakan.  Malahan ia mungkin adalah sosok Superman paling tepat setelah Christopher Reeve. Dan  jelas lebih pas luar dalam dibandingkan dengan Brandon Routh. Man of Steel memberikan kisah flashback Clark Kent dengan berbeda selama 30 menit pertama, dan setelah itu barulah tensi adegan aksi dan kehancuran secara massif dipertontonkan oleh Snyder di layar bioskop. Puncaknya adalah duel antara Superman dan General Zod yang spektakuler itu. Bisa dibilang duel tersebut sebagai salah satu adegan perkelahian terbaik dalam decade ini. Disokong oleh bintang-bintang kelas atas, Man of Steel jelas adalah salah satu pencapaian yang tinggi di ranah DC. Sadar jika film ini menuai kesuksesan dan kritik yang positif, maka di tahun 2016 nanti Cavill akan melanjutkan perannya sebagai Clark Kent dalam Batman v Superman : Dawn of Justice, jembatan pertama dalam dunia Justice League of America –nya DC.
Rate : 8.5/10
4. Spider-Man 2 (2004)
>>> Tercatat sudah ada 5 film tentang manusia laba-laba yang dirilis dalam millennium ini. Dan Spider-Man 2 adalah jawaranya. Jika film Spider-Man yang lain sibuk dengan pameran efek-efeknya serta adegan-adegan aksinya, maka di film yang mengenalkan sosok Doctor Octopus ini sisi drama kemanusiaanya lebih digali secara mendalam. Menarik sekali melihat Peter Parker mengalami gejolak batin sebagai superhero dengan implementasi hubungannya kepada sahabatnya Harry Osborne, pacarnya Mary Jane Watson, serta bibinya Aunt May. Tidak hanya unggul di segi dramanya, adegan-adegan pertarungan antara Spidey dan Doctor Octopus juga tidak kalah menggetarkannya. Lihat saja adegan perkelahian di atas kereta yang sangat spektakuler sekaligus mengharu biru. Belum lagi ending film ini, yang bisa dibilang sebagai ending paling manis dalam film-film superhero. Dan Kirsten Dunst kayaknya belum pernah terlihat secantik ini…
Rate : 8.5/10
3. Watchmen (2009)
>>> Apa yang akan dilakukan oleh para superhero ketika sudah pensiun ? Yap. Masalah inilah yang coba dihadirkan dalam Watchmen oleh Zack Snyder. Sebagai film tentang superhero, Watchmen dengan beraninya keluar dari pakem demi lebih menggali permasalahan tiap individu yang tergabung dalam Watchmen menjadi lebih gamblang. Sisi psikologis serta moralitas Dr. Manhattan, Night Owl 2, The Comedian, ataupun Kroschak misalnya,  menjadi konflik yang ternyata lebih menarik dan menggugah dari pada sekedar adegan baku hantam tanpa naskah yang kuat. Watchmen mungkin bukan film superhero favorite semua orang, namun apa yang ditawarkan oleh film yang dibintangi oleh Patrick Wilson ini adalah sesuatu yang belum pernah dijamah dalam film-film superhero yang lain. Dan itu ternyata adalah sesuatu yang special dan mengesankan.
Rate : 9/10
2. Superman (1978)
>>> You will believe a man can fly ! Tagline yang sempurna untuk sebuah awal mula yang melegenda. Christopher Reeve jelas tidak tergantikan dengan peran fenomenalnya itu. Begitu pula nama Richard Donner, sebagai perintis ekspansi pahlawan-pahlawan komik ke layar lebar. Sebuah film classic yang melegenda dan akan selalu dikenang, kendatipun para pembuat dan actor-aktornya sudah lama tutup usia.
Rate : 9/10

1. The Dark Knight (2008)
>>> Bukan Christopher Nolan namanya jika tidak membuat karya yang fenomenal. Setelah Memento yang jenius sekaligus mind-blowing itu, Nolan menggarap ranah superhero dalam Batman Begins di tahun 2005. Batman, yang memang sudah memiliki nuansa dark dan kemisteriusan ini dibuat segelap-gelapnya oleh Nolan. Haslinya, Batman Begins dalah salah satu film superhero yang paling kelam dan gelap tentang penemuan jati diri seorang manusia kelelawar. Memasang nama Christian Bale sebagai Bruce Wayne, Batman Begins semakin menjanjikan dengan tambahan cast yang digdaya. Sebut saja nama-nama sekelas Morgan Freeman, Liam Neeson, Ken Watanabe, Michael Caine, maupun Cillian Murphy yang bersedia gabung dalam proyek Nolan itu.
Tiga tahun berselang, sekuelnya dirilis. Tanpa gembar-gembor dan koar-koar yang heboh, The Dark Knight muncul sebagai film yang tidak terlalu diunggulkan mengingat waktu itu ada lebih banyak film-film summer yang cukup menjanjikan seperti Indiana Jones and The Kingdom of Crystal Skull misalnya. Kendatipun tanpa ekspektasi tinggi, The Dark Knight justru memberikan kejutan yang mencengangkan. Dark sense sang manusia kelelawar benar-benar diekspose lagi secara mendalam. Belum lagi kehadiran sosok bernama Joker yang misterius serta dibekali kegeniusan tingkat dewa. The Dark Knight telah berhasil mengangkat standar film tentang pahlawan super ke level yang paling tinggi. Dengan kegeniusan dan twist ceritanya yang luar biasa, menjadikan The Dark Knight adalah film superhero terbaik sejauh ini. Almarhum Healt Ledger dengan gemilang memerankan sosok Joker yang menakutkan dengan beberapa quote-quote nya yang juga mengerikan itu. Atas perannya tersebut ia bahkan diganjar oleh penghargaan Oscar sebagai actor pembantu terbaik, meskipun ketika namanya disebut ia tidak bisa menerima piala karena sudah meninggal. Saking fenomenalnya The Dark Knight, jilid pamungkasnya yang dberi judul The Dark Knight Rises dirilis beberapa tahun berikutnya. Kendatipun The Dark Knight Rises juga bukan film yang gagal dan buruk, namun public dan penonton sepertinya masih belum teringat dengan tiap scene dan dialog dalam The Dark Knight.
Rate : 9/10
Share this article :

0 komentar :

Postingan Populer

Random Post

 
Support : partner1 | partner2 | partner3
Copyright © 2013. MOVIE WORLD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger